Konsumsi Kedelai Menurunkan Tekanan Darah


Kedelai

Sumber kutipan : Kalbe.co.id 5 Februari 2008

Sudah sejak lama kedelai dianggap menguntungkan bagi kesehatan. Karena dianggap dapat memperbaiki profil lemak, US Food and Drug Administration dan the American Heart Association mengeluarkan rekomendasi untuk mengkonsumsi protein kedelai sejumlah β‰₯25 g untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Dari penelitian diketahui bahwa kedelai memiliki pengaruh lain selain pengaruhnya terhadap kadar lemak darah, yaitu pengaruhnya pada fungsi vaskular.

Isovlavone kedelai merupakan bagian penting dari kelas phytoestrogen, yang dalam penelitian terbukti:

  • Menurunkan oksidasi in vivo
  • Merangsang pembentukan NO (nitric oxide)
  • Memperbaiki compliance arterial sistemik
  • Mengatur keseimbangan garam dan air,

Dengan demikian diperkirakan bahwa kedelai memberikan perlindungan terhadap terjadinya hipertensi. Konsumsi kedelai juga diperkirakan mengurangi konsentrasi CRP (C-reactive protein) yang merupakan penanda inflamasi sistemik yang berhubungan dengan kejadian hipertensi.

Penelitian-penelitian dalam skala kecil lainnya memperlihatkan bahwa konsumsi kedelai dapat menurunakan tekanan darah, walaupun hasilnya secara keseluruhan belum dapat dikatakan konsisten. Dalam suatu penelitian juga diketahui bahwa konsumsi protein kedelai dapat meningkatkan eNOS (endothelial nitric oxide synthase) dan ekspresi gen pada pembuluh darah dan jaringan lain, sehingga mengurangi stress oksidatif dan meningkatkan bioavailabilitas NO (nitric oxide), sehingga pemberian protein kedelai dapat merupakan terapi alternatif pada pasien wanita pasca-menopause dan pasien dengan risiko penyakit jantung koroner. Pada penelitian lainnya diketahui bahwa, pemberian susu kedelai dalam jangka waktu yang lama memiliki pengaruh hipotensi yang bermakna pada pasien hipertensi.

Berdasarkan guideline dari JNC 7 (Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure) dimulai dari tekanan darah 115/75 mmHg, terjadi peningkatan ganda risiko penyakit kardiovaskular, setiap peningkatan 20/10 mmHg. Lebih lanjut lagi, pasien usia 55 tahun dengan tekanan darah normal (<120/80 mmHg), memiliki risiko menderita hipertensi sebesar 90% sepanjang hidupnya. Menurut JNC 7 pula, pasien dengan tekanan darah sistolik 120-139 dan tekanan darah diastolik 80-89, termasuk ke dalam kriteria prehipertensi dan perlu melakukan modifikasi gaya hidup untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah protein kedelai (dibandingkan dengan sumber protein yang lain) dan sebagai bagian dari diet modifikasi gaya hidup Therapeutic Lifestyle Changes (TLC), memberikan manfaat tambahan bagi pasien wanita hipertensi pasca menopause dan wanita dengan tensi normal, dengan kelompok pasien dengan diet TLC yang biasa.

Diet TLC direkomendasikan oleh National Cholesterol Education Program (NCEP) pada kelompok pasien dengan kondisi medis dan risiko tertentu seeprti LDL kolesterol yang tinggi, gangguan lemak lainnya, penyakit kardiovaskular, diabetes melitus, resistensi insulin atau sindroma metabolik.

Sumber kedelai dalam penelitian ini adalah setengah cangkir kacang kedelai-panggang yang mengandung 25 g protein kedelain dan 101 mg aglikon isoflavon (genistein, daidzein, dan glisitein).

Angka kejadian penyakit arteri koroner di Asia lebih rendah daripada di negara-negara Barat. Penelitian yang dilakukan oleh Welty dan rekan memperlihatkan bahwa perubahan diet yang sederhana dari protein bukan-kedelai menjadi bukan kedelai dapat menurunkan tekanan darah dengan kekuatan yang hampir sama dengan penurunan tekanan darah yang disebabkan oleh obat antihipertensi. Selain itu penelitian ini memeprkirakan bahwa diet kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol pada pasien dengan tekanan darah tinggi.

Sebagaimana telah diungkapkan pada penelitian-penelitian mengenai hipertensi sebelumnya, perbedaan sedikit saja pada tekanan darah dapat memberikan perbedaan yang besar pada risiko kardiovaskular :

  • Peningkatan 20 mmHg untuk TDS dan 10 mmHg untuk TDD dapat menggandakan risiko kardiovaskular.
  • Penurunan TDS sebesar 12 mmHg selama 10 tahun dapat mencegah 1 kematian untuk tiap 11 pasien dengan hipertensi tingkat I.
  • Penurunan tekanan darah 2 mmHg untuk TDS dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner 6% dan stroke 15%

Penelitian ini bukanlah penelitian yang pertama kali dilakukan untuk mengkonfirmasi hubungan antara kedelai dengan penurunan tekanan darah, namun penelitian ini membuka wawasan baru mengenai penyajian kedelai yang dikonsumsi. Kedelai yang dipanggang, setengah cangkir, tanpa garam, tampaknya cukup nikmat dan mengenyangkan bagi pasien.

Pertanyaan berikut yang harus diberikan adalah:

  • Bahan apa yang terkandung dalam kedelai yang dapat mempengaruhi tekanan darah?
  • Apakah kandungan isoflavon pada kedelai ini yang menyebabkan penurunan tekanan darah dan perbaikan kadar lemak darah pada kelompok pada diet kelompok yang diberikan kedelai? Ataukah ada zat lain yang ikut berpengaruh?

Isoflavon diperkirakan bersifat kardioprotektif, karena kemiripan strukturnya dengan estrogen. Beberapa penelitian memperkirakan bahwa protein pada hakekatnya dapat meningkatkan respon antiinflamasi dan memiliki sifat mencegah aterosklerosis.

Namun hal ini tidak dapat dijawab oleh penelitian yang hanya melibatkan 12 wanita hipertensi. Sebagai tambahan, suplemen fitoestrogen dalam bentuk tablet isoflavon yang terisolasi tidak memiliki efek apapun pada penelitian-penelitian yang dilakukan sebelumnya.

Kesimpulan:

  • Dalam penelitian yang dilakukan, pemberian kedelai dapat membantu menurunakan tekanan darah dan memperbaiki kadar lemak darah, sehingga pemberiannya sangat dianjurkan pada pasien dengan risiko penyakit kardiovaskular dan sindroma metabolik
  • Perlu dilakukan penelitian lanjutan mengenai zat apakah dalam kedelai yang dapat menurunakan tekanan darah dan kadar lemak dalam darah tersebut.
  • Masyarakat hendaknya terus menjaga gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Terutama orang yang sudah termasuk ke dalam prehipertensi.

Sumber kutipan : Kalbe.co.id 5 Februari 2008

Lihat juga tulisan tentang Terapi PLAQUEX

14 Tanggapan

  1. mau tanya dok???
    sejak umur berapa sih kita harus mulai memperhatikan tekanan darah???
    umur saya 20 tahun, berapa normalnya tekanan darah saya??
    thanks before… πŸ˜†

    Hifdzi,
    Tekanan darah normal adalah 120 (sistol) / 80 (diastol)
    Sebaiknya tekanan darah diperhatikan sedini mungkin, dan juga yang terutama adalah gaya hidup yang mencakup pola makan, cukup olahraga dan tidak merokok.

  2. Bu dokter,

    Kalau susu kedelai dikonsumsi oleh orang yang bertekanan darah rendah apakah juga baik dok?

    Terimakasih.

    Salam kenalπŸ™‚

  3. Iya benar sekali…..makannya saya senang makan tahu tempe… he…he.. πŸ™‚

  4. Salam kenal dok.

    Saya Gerard 58 tahun mau bertanya mengenai terapi plaquex yang Ibu dokter lakukan di rumah sakit Sartika alamatnya di mana dan berapa biayanya sekali terapi dan untuk penyakit darah tinggi berapa kali terapi ??? Terima kasih atas jawabannya.

    Salam saya,
    Gerard Binilang
    Bekasi Utara.

    Pak Gerard yth.
    Untuk terapi plaquex dan/atau terapi khelasi, silahkan datang ke klinik Sartika di Jl Kayumanis Barat no.78, Jakarta Timur. Telpon 021-8504931.

    Salam.
    dr Anis

  5. kedelainya berbentuk susu kedelai dok ?

    Pak Hedi,
    untuk komsumsi sehari – hari yah susu kedelai, tetapi makanan yang mengandung kedelai juga baik seperti tempe dan tahu, hanya cara penyajiannya yang harus diperhatikan. Di klinik saya , saya mengunakan ekstrak kedelai murni untuk di infuskan ke pasien saya yang disebut therapi plaquex dan ini banyak bermanfaat pada pasien – pasien dengan hipertensi, hiperkolesterol,jantung koroner, stroke, asam urat yang tinggi, serta diabetes melitus.

  6. Saya berusia menjelang 50 tahun, pernah stroke ringan, dan tensi saya tidk pernah turun smpai 120/80. Hidung rasanya mempet, kalu bicara rasanya sengau. Sudh sering berobat ke dokter syaraf, tapi hasilnya nol. Apa yang harus saya lakukan dok ?
    Terima kasih.
    Jajajng sumarna
    di Sukamandi, subang

    Terimakasih atas kunjungannya ke blog saya
    Pak Jajang,
    yang harus bapak lakukan adalah :
    – mengubah gaya hidup kita agar tidak terjadi sroke yang ke dua, ketiga.
    – Selain itu saya sarankan bapak untuk melakukan therapi khelasi. Dengan terapi ini, tekanan darah bapak akan menjadi normal, sumbatan-sumbatan dipembuluh darah bapak akan pula meluruh sehingga darah akan lancar melewati pembuluh darah, dan dengan sendirinya bapak akan menjadi lebih nyaman.
    Bila bapak tertarik, silahkan datang keklinik saya.

    Salam.
    Anis

  7. Dr. Anis,
    Saya ingin bertanya mengenai terapy nya, berapa kali dan berapa biaya nya..,
    terimakasih

    Salam
    Ronny

  8. Dr. Anis ,

    Apakah bisa terapi hari minggu ?
    Mohon jawaban.

    Pak Yusuf Riady,
    Untuk lebih detilnya, tersedia paket-paket home care, silahkan kontak klinik SARTIKA, jakarta, di +6221-8504931 atau di +6221-8514792. Atau HP/SMS INFO +6285-780-525-323 .
    Semoga membantu.

  9. dr. Anis,
    Sy ingn mdapat pnjelasan..

    Bgmana sesungguhnya hubungan antara pola makan dengan tekanan darah? Makanan apa saja yang berpengaruh besar thd tekanan darah?

    Mohon pnjelasannya..
    Trimakasih..

  10. siang dok..
    saya wanita 24th.
    Tknn drh sy trmsk tgg,140/90…
    Yg mau sy tnykan…
    Sy biasanya meminum susu kedelai 600ml 1x semgg…
    Apakah ada efeknya untuk menurunkan tknn darah…
    Atau msh kurang?mohon pnjlsan.

    Yth sdri Rose,
    Saya anjurkan kamu meminum susu kedelai setiap hari @ 300 mL
    Selain itu:
    1.Hindari/kurangi konsumsi makanan yang bergaram dan berlemak.
    2.Olahraga yang teratur setidaknya 2x seminggu @ 20 menit
    Semoga membantu, salam.
    dr Anis Sundari

  11. Salam sehat dok,,,..
    Maaf dok, saya mau nanya. Saya seorang pria umur 27 tahun. saya habis menikah 2 bulan yang lalu. dalam 1 bulan terakhir ini tknan darah saya tinggi, berkisar antara 140-160. Sebelumnya setiap kali saya check up hasil tensi normal. Kira2apa dok penyebab kenaikan tekanan darah saya??
    terima kasih atas jawabannya.

  12. Dok sy wanita usia 26 teknan drh sy 120/90,pa tu bs dbilng normal? Klu norml tp kepala sy kok pusing trs. Trim dok

    • Kepada Yth,
      Dian
      Terimakasih atas pertanyaannya, ada 2 nilai yg diukur dalam tekanan darah yaitu tekanan darah sistolik dan diastolik,nilai yg diatas menggambarkan tekanan sistolik dan nilai yang di bawah menggambarkan tekanan diastolik. Untuk tekanan darah yg normal adalah 120/80 mmHg, batas tekanan darah dikatakan tinggi adalah 140/ 90 mmHg,keluhan kepala yang pusing bisa saja dikarenakan tekanan darah diastolok yg tinggi, tetapi untuk lebih lanjut silahkan anda hubungi dokter yang terdekat,semoga ini dapat menjawab pertanyaan anda,
      Salam
      dr Anis Sundari

  13. dokter, saya punya pertanyaan berbeda dengan topik. begini, saya sudah 2 bulan ini mencoba tidak makan daging. 2 minggu terakhir saya tidak makan daging ataupun ikan. tapi semenjak saya mencoba jadi vegatarian, hanya makan buah & sayur+nasi. tapi badan saya lemas dokter. kepala saya pusing. lalu perut saya sering lapar. berita baiknya perut saya sudah kembali six pack. walaupun belum sempurna kayak dulu. dokter, saya ingin menanyakan asupan gizi ke dalam tubuh saya apakah cukup, karena sebagai penganti daging, saya makan tahu, tempe, & susu kedelai untuk kesehatan jantung. saya rasakan badan saya jadi ramping, saya bisa diet dengan sempurna. tapi masalahnya saya merasakan keadaan tidak enak dalam tubuh saya. mungkin karena awal, dulu pernah coba-coba tidak makan daging, semenjak 2 tahun yg lalu. tapi karena situasi jadi gagal terus. sekarang karena ingat umur sudah 27 tahun, jadi saya mulai menjaga makanan. apakah tidak makan daging itu sehat dokter ? motivasi tidak makan daging karena kesehatan dokter, juga tidak tega sama yg punya daging. dokter saya ingin tanyakan menganti daging dengan protein nabati sehat apa tidak ? menurut dokter, zat atau vitamin apa lagi yg harus saya makan biar mengembalikan kekuatan yg harusnya di dapatkan dari daging. terima kasih dokter. selamat malam.

Tinggalkan Balasan

  • Komentar Terbaru

    dr Anis di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
    Yayan sudiarna di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
    Yayan sudiarna di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
    Andre Widjaja di Halo !
    nike m di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
  • Statistik Blog

    • 117,462 hits
  • Add to Technorati Favorites

  • My blog is worth $3,951.78.
    How much is your blog worth?

  • Buku-buku :

