Satu lagi, tulisan tentang terapi khelasi EDTA


Sebagai bahan referensi, saya telah menemukan sebuah tulisan yang berkaitan dengan terapi khelasi EDTA dari seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah (kardiolog) pada halaman 108-109 buku berjudul “Pengalamanku berhasil dengan pengobatan alternatif” dari Penerbit Majalah NIRMALA, November 2001.

Untuk versi scancopy (ebook berformat PDF) dari buku aslinya (dua halaman aja), silahkan download gratis, klik disini.

Berikut ini, saya kutip dari buku aslinya :

Komentar Ahli:

Dr. H. Soesilo Wibowo, SP.JP.

soesilo_wibowo_dr_sp_jp

Khelasi, chelation, berasal dari kata chele (Latin) yang berarti cakar atau capit. Disebut demikian karena terapi ini mengandalkan cara kerja senyawa utama yang digunakan khelasi yaitu larutan asam amino sintetik yang dinamakan EDTA (ethylene diamine tetraacetic acid). Di dalam pembuluh darah. ‘tangan’ EDTA ini beroperasi dengan cara mencapit, mengikat, kemudian merontokkan endapan atau plak atherosklerosis (penyempitan karena endapan dalam pembuluh darah).

Dalam praktik di lapangan, khelasi adalah menyuntikkan/ menginfuskan bahan EDTA ke tubuh si pasien untuk memberantas pengapuran, khususnya pengapuran pembuluh darah. Pengapuran pembuluh darah ini sering terjadi karena merokok, salah makan, kekurangan hormon (pada wanita), kurang olahraga, stres, penyakit gula, dan kolesterol. Oleh karena itu, khelasi diterapkan pada pengapuran yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah, tidak hanya di jantung saja, juga pada otot tungkai atau betis.

Yang sering terjadi dewasa ini adalah penyempitan pembuluh darah pada otot jantung. Pengapuran dan penyempitan pembuluh darah koroner bisa menimbulkan rasa sakit di dada (sampai pada serangan jantung) yang disebut dengan angina pectoris. Atau, kalau sampai terjadi penyumbatan total atau mengganggu aliran darah ke otot jantung secara total maka akan timbul kerusakan otot jantung. Kerusakan otot jantung tak pernah bisa sembuh.

Cara Kerja

Khelasi diberikan dengan melarutkan tiga gram EDTA dalam cairan 500 CC, diinfuskan selama 3-4 jam. Pasien dapat berbaring atau setengah duduk (di kursi malas) sambil menonton TV atau membaca. Pemberian khelasi 2 kali seminggu untuk 15 kali pertama dan dilanjutkan dengan seminggu sekali. Karena pengobatan ini akan menurunkan gula darah maka pasien harus sarapan sebelum khelasi dan mendapatkan snack selama khelasi. Setelah tahap ini, khelasi diteruskan dengan dosis maintenance.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan khelasi dibandingkan dengan operasi, balon, dsb., lebih murah karena tanpa operasi. Bahayanya hampir tidak ada bila ditangani dengan betul, balk dari dosis, waktu, maupun cara pemberiannya dan tidak boleh diberikan cepat-cepat.

Persiapan

Sebelum mengikuti terapi ini, pasien harus melakukan pemeriksaan laboratorium terlebih dahulu, misalnya: daftar penyakit dan keluhan, tes elektro kardiografi dan laboratorium lengkap (darah rutin, gula darah, lever, ginjal, kolesterol, elektrolit). Pemeriksaan ginjal dan lever penting karena semua ‘kotoran’ hasil khelasi akan diproses dan dibuang melalui ginjal dan lever. Bila terdapat kelainan ginjal dan liver, khelasi diberikan lebih hati-hati.

Yang penting, proses khelasi ibarat mengerok endapan pada pipa pabrik, lalu dibuang. Prosesnya lewat liver dan ginjal. Oleh karena itu, perlu pemeriksaan terhadap liver dan ginjal. Walaupun pasien menderita hepatitis atau sirosis hati, pemberian khelasi tetap bisa dilakukan dengan pengurangan dosis dan perpanjangan waktu.

Setelah dilakukan khelasi 10, 20 sampai 30 kali, tensi darah pasien harus diawasi. Efek samping dapat ditanggulangi secara hati-hati, misalnya pemberian tidak boleh dilakukan dengan cepat-cepat (kurang dari 2 jam), sebelum terapi harus sarapan karena proses khelasi mengurangi gula darah.

Khelasi untuk Penyakit Lain

Khelasi dapat diberikan dengan cara lain dan tujuannya tidak hanya untuk penyakit jantung. Khelasi juga bisa diberikan secara oral. Khelasi bisa meringankan gejala penyandang autisme, karena sebagian dari anak autistik itu juga mengalami keracunan logam berat. Namun, dalam praktiknya di sini belum biasa dilakukan.

Sumber :

  • Buku “Pengalamanku berhasil dengan pengobatan alternatif”, November 2001, halaman 108-109, Penerbit Majalah NIRMALA.

Untuk review buku tentang Terapi Khelasi guna pengobatan/pencegahan penyakit jantung koroner, klik disini.

Lihat juga tulisan tentang terapi khelasi, klik disini.

Untuk video tentang terapi khelasi, klik disini.

4 Tanggapan

  1. kalau utk menjaga kesehatan saja, apakah boleh mendapat chelation therapy? berapa banyak? 1 x therapy berapa biayanya?

    apakah ada oral chelation therapy?

    terimakasih sebelumnya

    Pak,
    Terapi khelasi juga baik untuk menjaga kesehatan. Biasanya cukup sebulan sekali.
    Silahkan datang ke klinik SARTIKA (021-8504931) guna diskusi lebih lanjut dengan membawa data medis.

    Salam.
    dr Anis

  2. Dok,apakah zat hirudin yang terdapat pada liur lintah (leechs terapi) bisa disejajarkan dengan terapi Chelasi EDTA ?

    • Pak Suhandi yth, terimakasih atas pertanyaannya, untuk zat hirudin bisa saya katakan tidak sama dengan EDTA, tetapi cara kerja zat hirudin tidak begitu saya pahami mungkin nanti setelah saya baca tentang zat itu lebih dalam lagi saya akan. Lebih baik lagi menerangkannya. Sementara mungkin itu jawaban saya , terimakasih. Salam.

  3. Dok, bagaimana dengan pasien yang sudah dilakukan pemasangan ring, karena dari beberapa pengalaman yang saya ketahui masih ada kemungkinan dia akan terjadi penyumbatan lagi yang nyatanya kebanyakan mereka masih belum memperhatikan pola makan dengan benar. untuk itu apakah therapi ini masih bisa dilakukan dan apakah masih ada kemungkinan akan terjadi penyumbatan lagi apabila therapi sudah kita jalani tks atas penjelasananya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Komentar Terbaru

    dr Anis di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
    Yayan sudiarna di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
    Yayan sudiarna di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
    Andre Widjaja di Halo !
    nike m di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
  • Statistik Blog

    • 117,462 hits
  • Add to Technorati Favorites

  • My blog is worth $3,951.78.
    How much is your blog worth?

  • Buku-buku :

  • %d blogger menyukai ini: