Waspadai pencemaran terhadap asupan kita


Sudah lama  saya tidak menulis di blog saya ini, kali ini saya akan membahas permasalah kesehatan yang biasa timbul akibat gaya hidup kita yang mengalami paparan cemaran terhadap asupan ke tubuh kita.

Masyarakat perkotaan banyak terkena penyakit degeneratif, yang membahayakan bagi kesehatan. sedangkan masyarakat yg tinggal di pedesaan dengan lingkungan yang sehat. hidup tenang dan makan dengan makanan yang alami, biasanya tidak banyak terkena penyakit degeneratif ( Jantung koroner, Kanker, Gagal ginjal, Kencing manis, insomia, rematik).
Keadaan  ini berbeda dikarenakan faktor Endogen ( dalam tubuh), dan faktor ekstrogen (diluar tubuh / lingkungan ). Saat ini apa yang ada diluar tubuh kita sudah banyak yang tercemar polusi diantaranya :

  • Sumber air. banyak yang tercemar logam berat seperti Hg ( Merkuri ), Pb ( timbal), Almunium, Arsen, tanpa kita sadari kita mengkonsumsi mahluk yang hidup di air yang sudah tercemar. air minum yang kita minum juga banyak yang sudah tercemar oleh logam berat.
  • Udara, yang kita hirup ternyata sudah terisi oleh asap kendaraan bermotor, asap dari pabrik, juga dari asap rokok tentunya.
  • Makanan, bahan makanan yang kita konsumsi seperti nasi, sayuran, buah – buahan biasanya sudah tercemar oleh pestisida, pupuk anorganik yang biasanya digunakan pak tani untuk menyuburkan dan membasmi hama, yang akhirnya akan terserap oleh sayur, buah atau padi yang ditanam , untuk padi yang setelah digiling menjadi beras, biasanya untuk terlihat putih mereka suka memberi zat pemutih, dan juga pengharum , saat kita membeli akan tercium wangi pandan.

Semua yang diatas adalah bahaya untuk kesehatan kita,Logam berat, asap kendaraan, asap rokok dan asap pabrik ( industri), asap pembakaran, zat kimia,dapat mengakibatkan terbentuknya radikal bebasyang berlebih . Radikal bebas yang reaktif akan mengambil electron dari senyawa protein, lipid, DNA, RNA. Ini akan sebabkan kerusakan dan sebabkan penyakit degeneratif, kanker.

Untuk itu kita harus mulai mengubah gaya hidup kita. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Tubuh kita sendiri mempunyai senyawa Antioksidan yang dapat berperan aktif dalam menanggulangi masalah kelebihan radikal bebas. Diantaranya enzim SOD (Superoksida Dismutase), Gluthatione, Katalase. Asupan makanan yg banyak mengandung vit C, vit E, Betakaroten, senyawa fenolik dan flavonoid merupakan antioksidan alami yang melindungi kita dari radikal bebas .

Mulailah kita menjaga makanan kita dan memperhatikan sumber makanan yang kita konsumsi, begitu juga dengan air yang kita gunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Sementara lingkungan dimana kita tinggal perlu juga dijaga kebersihan, rimbunnya pepohonan, saluran pembuangan air limbah.

Ingat, radikal bebas masuk ketubuh kita melalui pernapasan, kondisi lingkungan yang tidak sehat dan makanan berlemak. kiranya tidak berlebihan bila saya menganjurkan  untuk membersihkan tubuh kita  dengan terapi Khelasi. selama 40 tahun kita hidup, tidak menutup kemungkinan  kita telah terkontaminasi dari lingkungan  dan makanan yang  tercemar, juga mengkonsumsi makanan yang berlemak.

Semoga bermanfaat tentunya.

Catatan :  untuk lebih jelas tentang  terapi Khelasi anda dapat menghubungi klinik Sartika di 021 8504931

5 Tanggapan

  1. Assalamualaikum dok,
    Saya firda, usia saya 15 th, saya mau nanya,
    Beberapa minggu terakhir ini terkadang kepala bagian kiri saya terasa pusing disertai pengelihatan gelap sebentar, terus terkadang mata kiri juga sakit, di sertai demam , terus juga kalau lagi jalan itu terkadang mau jatuh, dan jga pendengaran,dan pengelihatan juga sedikit berkurang,
    Kalo boleh saya tau, saya sakit apa ya dok??

    Waalaikumsalam, Frida terimakasih atas pertanyaan yang kamu ajukan
    untuk keluhan yang kamu rasakan coba pertama – tama kamu periksakan mata kamu kedokter mata, semoga dapat membantu ya.
    salam

    • Waalaikumsalam, Frida terimakasih atas pertanyaan yang kamu ajukan
      untuk keluhan yang kamu rasakan coba pertama – tama kamu periksakan mata kamu kedokter mata, semoga dapat membantu ya.
      salam

  2. Di era globalisasi seperti sekarang, sepertinya sangat sulit mendapatkan kesehatan seutuhnya . karena banyaknya tangan-tangan jahil yang merusak keselarasan alam.

  3. dokter, saya punya pertanyaan berbeda dengan topik. begini, saya sudah 2 bulan ini mencoba tidak makan daging. 2 minggu terakhir saya tidak makan daging ataupun ikan. tapi semenjak saya mencoba jadi vegatarian, hanya makan buah & sayur+nasi. tapi badan saya lemas dokter. kepala saya pusing. lalu perut saya sering lapar. berita baiknya perut saya sudah kembali six pack. walaupun belum sempurna kayak dulu. dokter, saya ingin menanyakan asupan gizi ke dalam tubuh saya apakah cukup, karena sebagai penganti daging, saya makan tahu, tempe, & susu kedelai untuk kesehatan jantung. saya rasakan badan saya jadi ramping, saya bisa diet dengan sempurna. tapi masalahnya saya merasakan keadaan tidak enak dalam tubuh saya. mungkin karena awal, dulu pernah coba-coba tidak makan daging, semenjak 2 tahun yg lalu. tapi karena situasi jadi gagal terus. sekarang karena ingat umur sudah 27 tahun, jadi saya mulai menjaga makanan. apakah tidak makan daging itu sehat dokter ? motivasi tidak makan daging karena kesehatan dokter, juga tidak tega sama yg punya daging. dokter saya ingin tanyakan menganti daging dengan protein nabati sehat apa tidak ? menurut dokter, zat atau vitamin apa lagi yg harus saya makan biar mengembalikan kekuatan yg harusnya di dapatkan dari daging. terima kasih dokter. selamat malam.

  4. Bagaimana saya bisa menghubungi klinik ini

Tinggalkan Balasan

  • Komentar Terbaru

    dr Anis di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
    Yayan sudiarna di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
    Yayan sudiarna di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
    Andre Widjaja di Halo !
    nike m di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
  • Statistik Blog

    • 117,462 hits
  • Add to Technorati Favorites

  • My blog is worth $3,951.78.
    How much is your blog worth?

  • Buku-buku :

