Terapi Khelasi EDTA


Apakah terapi khelasi ?

Terapi khelasi adalah pengobatan secara intravena dengan menggunakan cairan yang terdiri dari mineral-mineral, vitamin-vitamin dan asam amino khusus buatan. Melalui reaksi biokimia, cairan ini dapat pula melarutkan ion kalsium (Ca+ +) yang salah tempat dan mengeluarkan ion tersebut melalui air seni / urine.

Untuk apa kegunaannya ?

Pengobatan ini untuk menghilangkan dampak pengerasan dinding pembuluh darah nadi yang disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penumpukan kalsium yang salah tempat tadi, arteriosklerosis dan atherosklerosis, dan dapat menyebabkan timbulnya berbagai gangguan kesehatan antara lain: serangan jantung (coroner), stroke (kelumpuhan sebagian anggota tubuh), gangguan pembuluh darah otak dan pembusukan jaringan (ganggren) pada anggota tubuh. Beberapa laporan ilmiah menyatakan bahwa pengobatan ini dapat pula digunakan untuk penyakit Diabetes Melitus, Arteritis, tekanan darah tinggi (hipertensi), rhematik/kaku sendi (arthritis), daya ingat menurun, fungsi penglihatan dan pendengaran menurun, extremitas dingin, kesemutan, paresthesia (morning stiffness), impotensi, penuaan dini, dll.

EDTA-xtal-3d-balls

EDTA-xtal-3d-balls

Apakah EDTA ?

EDTA adalah singkatan dari Ethylene Diamine Tetra Acid, yaitu asam amino yang dibentuk dari protein makanan. Zat ini sangat kuat menarik ion logam berat (termasuk kalsium) dalam jaringan tubuh dan melarutkannya, untuk kemudian dibuang melalui urine.

Apakah Arteriosklerosis dan Atherosklerosis ?

Secara umum berarti pengerasan pembuluh darah nadi. Jenis penyakit ini dapat diuraikan atas jenis kimia yang menggumpal sehingga menyebabkan plaque (gumpalan) dan berlokasi pada dinding pembuluh darah nadi. Penyebab utama bisa karena disebabkan oleh lemak ( terutama kolesterol ) yang bergabung dengan protein, khabohidrat serta ion logam ( terutama kalsium ) dalam suatu reaksi kimia radikal bebas.

Bagaimana pengaruh penyakit pembuluh darah nadi terhadap kesehatan ?

Penyakit pembuluh darah nadi dapat mengurangi aliran darah, menurunkan daya kerja dinding pembuluh darah dan metabolisme jaringan tubuh. Jika hal itu terjadi maka jumlah dan daya kerja enzim akan berkurang. Kalsium yang salah tempat ( metastatic calsium ) adalah penyebab utama yang mengakibatkan pengerasan dan pengentalan sel–sel pembuluh darah.

Apa pengaruh khelasi EDTA terhadap kesehatan ?

Terapi khelasi meningkatkan taraf kesehatan dengan mengurangi beban penumpukkan kalsium yang abnormal dan logam – logam lainnya serta meningkatkan manfaat mineral- mineral lainnya seperti magnesium dan kalium (potasium). Hal ini terjadi dengan masuknya zat- zat berguna kejaringan tubuh serta perbaikan suplai oksigen.

Bagaimana hubungan terapi khelasi dengan pengobatan penyakit pembuluh darah nadi lainnya?

Terapi khelasi dapat digunakan bersama dengan pengobatan penyakit pembuluh darah lainnya. Sangat sesuai bila digabungkan dengan obat–obatan pengembang pembuluh darah ( blood vasodilator), serta obat-obatan penyakit tekanan darah tinggi lainnya.

Dapatkah dokter saya memberikan terapi ini?

Setiap dokter yang memperoleh izin praktek dapat melakukan terapi khelasi, tetapi yang lebih baik adalah dokter yang sudah terlatih dan mempunyai pengalaman terhadap terapi khelasi EDTA.

Dapatkah terapi khelasi digunakan setelah operasi ”BYPASS JANTUNG” ?

Dapat, terapi khelasi dapat dilakukan sebelum dan setelah operasi bypass jantung ataupun dalam proses pemulihan perbaikan.

Sumber : Kelompok Studi Terapi Khelasi Indonesia

Kembali ke halaman tautan terapi khelasi.

47 Tanggapan

  1. Dokter Anis Yth,

    Tentang terapi khelasi, apakah bisa membantu pasien stroke? Ibu saya , 68th, menderita stroke (bagian tubuh kanan) sudah hampir setahun ini. Apakah bisa merecommend dokter yang bisa melakukan terapi ini (yang ada di sekitar jakarta timur) dan bersedia datang ke rumah pasien?
    Maaf kalau pertanyaannya kurang berkenan.
    Terima kasih atas info nya.

    Dear Palupi,
    Ya, terapi ini memang baik juga untuk pasien stroke karena dapat mencegah serangan stroke kembali dan memperbaiki / membantu memulihkan pasien ke kondisi kesehatan yang lebih baik.
    Selama terapi ini, biasanya setelah stamina pasien membaik, maka kami akan mengkombinasi dengan Fisioterapi untuk melatih gerak kaki, tangan dan lainnya.

    Bila tertarik terapi khelasi, silahkan datang ke klinik SARTIKA, Jl Kayumanis Barat no.78, JAKARTA TIMUR, telpon 021-8504931.

    Salam.

  2. Dear Dr.Anis,

    Saya sudah dikateter dan ada penyemoitan pembukuh dara CRA 54%.apkah bisa diobati dengan terapi khelasi. Jika ya, bagaimana cara terai ini dan berapa lam proses pengobatannya. karena saya bekerja apakah bisa diterapkan dirumah atau harus tetap diklinik ?
    Mohon penjelasan .
    Terima kasih.

    Pak Riady yth,
    Penyempitan pembuluh darah bisa diobati dengan terapi khelasi EDTA secara infus (intravena) selama sekitar 3 jam per sesinya.
    Untuk lebih detilnya, silahkan kontak saya di klinik SARTIKA, jakarta, di 021-8504931 atau di 021-8514792. Semoga membantu. Salam.

  3. Dr .Anis Yth,

    Saya berminat untuk pengobatan khelasi tetapi saya agak hawatir dengan kondisi Ginjal .Sudah 2 minggu saya merasakan saking pinggang dengan intensitas kencing yang sering , tetapi jumlah air seninya normal / banyak . Saya baca ginjal yang kurang sehat tidak bisa diterapi khelasi.Mohon advise.

    Salam.

    Pak Riady yth.

    Untuk secara obyektif mengetahui kondisi kesehatan fungsi ginjal, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan juga pemeriksaan laboratorium. Jadi jangan dari apa yang bapak keluhkan saja, karena keluhan bapak itu belum tentu karena kelainan ginjal.

    Untuk lebih detilnya, silahkan kontak saya di klinik SARTIKA, jakarta, di 021-8504931 atau di 021-8514792. Semoga membantu.

    Salam.

  4. Dokter Yth,
    dengan terapi khelasi untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah masih bisa saya fahami. Mohon penjelasan kalau penyakit tersebut adalah penyakit degeneratif seperti kencing manis atau rematik, bagaimana edta bisa bekerja? Terima kasih atas jawabannya.

    Pak Nasir yth.,
    Terima kasih atas pertanyaannya.
    untuk penjelasan lebih lanjut mengenai terapi khelasi, Silahkan datang ke Klinik SARTIKA, Jakarta.

  5. dokter mohon dijelaskan dimana saja di indonesia ini yang sudah ada tempat terapi khelasi. di yogya ada tidak?
    makasih

    @hamada
    Setahu saya belum ada di jogja.
    silahkan datang ke klinik SARTIKA, Jakarta.

    Terimakasih & salam.

  6. Apakah di solo sdh ada terapi khelasi ?

    Pak Yudi,
    Saya tidak tahu persis tentang kota Solo, maaf.
    Silahkan datang ke klinik SARTIKA, Jakarta, 021-8504931 untuk terapi khelasi.

    Salam.

  7. Yth Dr. Anis,
    Apakah memungkinkan dilakukan pada pembuluh darah jantung yg sudah tersumbat? Org tua saya sudah melakukan kateterisasi dan tidak berhasil di baloon/ ring, fungsi jantung 35% dan usia 75 thn.
    Mohon penjelasan.
    Terimakasih.

    Sdri Nining yth,
    Insya Allah terapi khelasi EDTA bisa membuat sumbatannya terbuka. Silahkan datang ke klinik SARTIKA guna konsultasi detail tentang terapi khelasi. Alamat klinik SARTIKA adalah Jl Kayumanis Barat no.78, Jakarta Timur. telpon 021-8504931.
    Semoga membantu.

    Salam.
    dr Anis Sundari

  8. pak,
    teman saya diluarnegeri menderita penyempitan pembuluh darah, sudah 70%.kata dr.sing tdk ada cara operasi.hanya minum obat terus menerus.skrg sudah minum obat darah tinggi, jantung, kolestrol.
    yg ingin saya tanyakan,
    apakah penyakit dgn %ase ini sudah dianggap “SANGAT MEMBAHAYAKAN?”,
    lalu apakah dgn terapi Khelasi ini bisa menyembuhkan,
    terakhir adalah berapa lama terapi ini hrs dilakukan, mengingat temen saya berasal dari singapore.
    apakah di sana sudah ada terapi khelasi ini. dimana? mohon infonya dgn segera.
    terimaksih

    Yth sdr/i liong ming fong,
    Pertama-tama, saya adalah dokter wanita.
    Jawaban dari pertanyaan Anda:
    1. Penyakit penyempitan pembuluh darah 70% sudah cukup membahayakan. Dan itupun yang didiagnosa pasti sekitar pembuluh arteri koroner (jantung). Bagaimana dengan pembuluh arteri lainnya, misal yang di kepala dan lainnya ?
    2.Terapi khelasi EDTA bisa menyembuhkan penyakit penyempitan pembuluh darah. Saya pernah ada pasien yang dengan penyempitan 95%, setelah menjalani terapi khelasi EDTA sekitar 30x, kondisinya berangsur menjadi semakin membaik.
    3.Untuk mengetahui kebutuhan terapi khelasi EDTA, silahkan datang ke klinik SARTIKA dengan membawa data-data medis yang telah dimiliki. Alamat klinik SARTIKA di Jl Kayumanis Barat no.78, Jakarta Timur, telpon 021-8504931.
    4.Saya belum pernah tahu ada terapi khelasi EDTA di Singapore.
    Sekian dulu, semoga membantu.

    Salam,
    dr Anis Sundari

  9. Dok. Beberapa bulan lalu saya berobat jantung, dan saya mempunyai hipertensi. setelah saya periksa saya difonis untuk operasi jantung. saya sempat stres karna cuman diperiksa biasa dan rekam jantung. jadinya saya takut dan saya minum obatnya saja . yang saya rasakan terhadap jantung saya kadang berdebar kaya habis kerja keras. dokter yang baik saya minta petunjuknya.

    Bapak Muhammad Nur yth,
    Terima kasih atas pertanyaannya. Mohon lebih spesifik, keluhan-keluhan apa saja yang membuat Anda memutuskan datang ke dokter jantung ? Biasanya dokter jantung tidak langsung menyuruh anda untuk melakukan operasi tanpa didukung dengan hasil pemeriksaan penunjang lainnya seperti laboratorium pemeriksaan darah, rekam jantung, treadmill, MSCT, calcium scoring, echo cardio graph hingga kateterisasi. Setelah itu barulah dokter dapat menyimpulkan ada tidaknya penyakit pada jantung.
    Demikian yang bisa saya sampaikan, untuk diskusi lebih lanjut, silahkan hubungi saya di Klinik SARTIKA, Jl Kayumanis Barat No.78, Jakarta Timur, telpon 021-8504931.
    Salam.
    dr Anis Sundari

  10. Dear docter !
    Sy punya penyempitan pembuluh darah sudah mencapai 40%
    Berapa kali terapi khelasi kalo di normalkan dan biaya berapa ?

    Pak Anhar Touhrie yth.

    Untuk pengobatan penyempitan pembuluh darah biasanya diperlukan antara 10x s/d 30x sesi terapi khelasi.
    Untuk diskusi lebih detil silahkan datang ke klinik SARTIKA, Jl Kayumanis Barat No.78, Jakarta Timur, telpon 032-8504931.
    Semoga membantu.

    Salam,
    dr Anis Sundari

  11. Apakah terapi khelasi ini menimbulkan efek samping bagi ginjal?

    • Sdr Budi yth,

      Sejauh ini belum ada efek samping terhadap ginjal pada pasien-pasien saya karena mengacu kepada protokol keselamatan terapi khelasi dari ACAM.
      Bahkan sebaliknya, hingga kini kondisi ginjal mereka semakin lebih baik, jika dibandingkan hasil laboratorium (check up) antara sebelum terapi khelasi dengan setelah terapi khelasi.
      Untuk diskusi lebih detil silahkan kontak saya di klinik SARTIKA, jl Kayumanis Barat no.78, Jakarta Timur, telpon 021-8504931.

      Salam.
      dr Anis Sundari

  12. Saya memiliki gejala jantung, hasil EKG dan Treadmill normal, sempat mengalami angina, tetapi sekarang sudah tidak ada, gejala yang masih saya rasakan adalah, pusing(melayang), lemas dan kadang sesak.
    1. Apakah dengan gejala yang saya miliki ini bisa menempuh terapi khelasi? apakah masih membutuhkan dokumen test darah dan urine?
    2. Berapa kali test yang harus dilakukan? apakah bisa dihentikan apabila sudah ada perbaikan?
    3. Apakah terapi ini bisa dilakukan 1 minggu sekali, mengingat jadwal saya padat. Dan apakah klinik sartika bisa melakukan therapi pada malam hari?

    Terimakasih

    • Bapak Setiawan yth,

      terima kasih atas pertanyaan yang bapak sampaikan pada saya.

      sebelum saya jawab pertanyaan bapak, saya ada pertanyaan untuk bapak, apakah selain EKG dan Treadmill, bapak melakukan pemeriksaan lab: profil lemak ( kolesterol total, HDL,LDL,Trigliserida) fungsi hati ( SGOT, SGPT dan Gama GT), fungsi ginjal ( ureum, kreatinin ) INR, Gula darah? Jika telah ada tolong dibawa untuk didiskusikan.

      untuk pertanyaan bapak
      1. Dapat dilakukan terapi khelasi pada kasus bapak, pemeriksaan darah tetap kita butuhkan , minimal saya harus tahu fungsi ginjal dan fungsi hati bapak.
      2. Terapi khelasi seberapa banyak dilakukan akan ditentukan dari keluhan pasien dan dari hasil test yang dilakukan. Terapi khelasi dapat dihentikan bila pasien telah merasakan perubahan / perbaikan yg biasanya saya kaitkan juga dengan hasil lab tentunya.
      3. Terapi khelasi dapat dilakukan 1 kali seminggu ( minimal ), untuk yang di klinik SARTIKA, Kayumanis, Jakarta, jadwal praktek saya jam 08 WIB s/d 16 WIB, sedang yg di Bintaro 17 WIB s/d 22 WIB hanya hari Selasa dan Jum’at.

      Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga membantu.

      Salam.
      dr Anis Sundari

  13. Salam
    Dokter anis, untuk yang di bintaro alamat lengkapnya dimana, no tlpnya berapa?

    • Yth sdr trio,
      Untuk pengaturannya, Silahkan kontak saya di klinik Sartika, Jl Kayumanis Barat No.78, Jakarta. Telpon 021-8504931.

      Terima kasih.

      dr Anis Sundari

  14. dokter saya mau tanya,teman saya berumur 19 thn dia sakit jantung koroner sejak umur 16thn, memang kakeknya py penyakit jantung,mungkinkah itu turunan dok?lalu baru2 ini ia dsuruh operasi jantung,namun ia tidak yakin akan berhasil, saya sebagai teman sangat sedih. bisa kah penyakit ini sembuh dengan terapi ini,dan brp kali ia harus menjalaninya??serta brp biaya yg harus dbayar?terima kasih dokter mohon di jwb scepatnya

  15. selamat malam dokter

    1. berapakah persentase kagagalan dalam terapi ini?

    2. setelah menjalani terapi ini, apakah ada kemungkinan terjadi kembali penyumbatan ditempat yang sama? atau terbentuk penyumbatan baru ditempat lain?

    3. sudah berapa orang yang berusia di atas 70 tahun menjalani terapi ini? kapan mereka menjalani terapi ini dan apa kabar mereka saat ini?

    terima kasih dan salam
    dyah

  16. Met malam dr. Anis.

    Menurut hasil EKG, Ibu-nda saya terdeteksi mengalami penyumbatan pada saluran pembuluh darah jantung. Berapa besar penyumbatan tersebut masih belum diketahui.
    Tapi Ibu-nda saya 2 hari yang lalu tiba-tiba sulit bernafas, dada terasa sakit yang luar biasa, keringat dingin dan tubuh terasa menggigil serta sakit di seluruh badan.
    Pertanyaan saya :
    1. Perlu berapa lama terapi yang akan dilaksanakan?
    (mengingat kami dari luar pulau)
    2. (mohon maaf) Biaya yang diperlukan kira-kira berapa besar?

    Saya juga sangat terganggu dengan sakit kepala yang menyerang hampir tiap hari.
    (saya adalah seorang karyawan).
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah sakit kepala saya bisa diatasi dengan terapi Khelasi Edta ?
    2. Terapinya memerlukan waktu berapa lama?

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Salam

    BACHTIAR

  17. Dok,
    bapak saya berumur 71 tahun dan didiagnosa dokter menderita jantung koroner. Dari katerisasi disimpulkan kalo fungsi jantung sisa 30% dan penyempitan pembuluh darah sudah tidak terhitung lagi. Apa bisa dipulihkan atau setidaknya dikurangi dengan terapi khelasi ini?

    • Malam sdr Sylvia,
      Terimakasih atas pertanyaannya, terapi Khelasi dapat mengurangi penyempitan pembuluh darah jantung. yg dialami bapak sdr Sylvia. semoga dapat membantu

      salam
      dr Anis Sundari

  18. adakah tempat terapi khelasi di surabaya? karena apabila harus ke jakarta sangat merepotkan dan berat di ongkos,dan capek pulang pergi jakarta surabaya. terima kasih

    • Yth Alfreda
      Untuk tempat terapi di Surabaya yang saya tau belum ada bu, kiranya ibu dapat maklum adanya, terimakasih.
      salam

  19. Yth Dr, Anis Sundari
    Nama saya Trijono
    Umur 60 tahun
    Saya pertengahan Juni tahun 2005 telah dipasang stent pada pembuluh jantung saya sebanyak 8 buah di Mount Elizabeth Medical Centre Singapore 228510
    Awalnya semenjak saya dipasang stent merasa sangat sehat sekali nafas terasa lebih segar dan berlaripun tidak ada lagi sesak di jantung.
    Belakangan saya mulai merasa sesak di dada lagi dan kalau jalan cepat serta naik tangga gampang terasa sesak didada.
    Kondisi ini saya periksakan ke Dr. Specialis Jantung Dr. Rini Pramesti di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih Jakarta
    Dari pemeriksaan Dr. Rini Pramesti melalui EKG , ECHO dan Treatmill dinyatakan bagus dan tidak ada penyumbatan namun saya merasa mudah sesak didada.
    Apakah sesak dada saya ini bisa disembuhkan dengan terapi khelasi dan yang lain yang terdapat di klinik Sartika ?
    Untuk pemeriksaan laboratorium apa saja yang perlu dilakukan untuk keluhan saya tersebut diatas.
    Untuk terapi khelasi perlu berapakali dalam sebula ?
    Berapa biaya sekali terapi ?
    Demikian kami sampaikan dan terimakasih atas tanggapannya melalui email kami : trijonopsmt@yahoo.com mailto:trijonopsmt@yahoo.com

    Yth bpk Trijono ,
    terimakasih atas pertanyaan yg bapak ajukan pda saya, untuk masalah keluhan sesak yg kini mulai bapak rasakan , mudah – mudahan dapat saya atasi dengan terapi khelasi.
    memang sebelum bapak melakukan terapi Khelasi bapak harus melakukan pemeriksaan labolatorium : darah rutin,fungsi hati ( SGOT, SGPT, Gama GT), fungsi ginjal ( Ureum,Kreatinin,asam urat), gula darah, kolesterol( kolesterol total, HDL, LDL,Trigliserida),INR.
    biaya terapi berkisar antara 400 ribu sampai 500 ribu rupiah perkali terapi.
    terapi dilakukan seminggu sekali .
    Demikian jawaban dari saya kiranya dapat dimengerti .
    salam

    • Yth bpk Trijono ,
      terimakasih atas pertanyaan yg bapak ajukan pda saya, untuk masalah keluhan sesak yg kini mulai bapak rasakan , mudah – mudahan dapat saya atasi dengan terapi khelasi.
      memang sebelum bapak melakukan terapi Khelasi bapak harus melakukan pemeriksaan labolatorium : darah rutin,fungsi hati ( SGOT, SGPT, Gama GT), fungsi ginjal ( Ureum,Kreatinin,asam urat), gula darah, kolesterol( kolesterol total, HDL, LDL,Trigliserida),INR.
      biaya terapi berkisar antara 400 ribu sampai 500 ribu rupiah perkali terapi.
      terapi dilakukan seminggu sekali .
      Demikian jawaban dari saya kiranya dapat dimengerti .
      salam

  20. saya ingin mengetahui apakah ada terapi khelasi di kalimantan timur? jika ada, bisakah dokter untuk memberikan alamat dokter yang dapat menangani terapi khelasi di kalimantan timur?

    Bapak Yongki Yth,
    Untuk Klinik di Kalimantan Timur saat ini setahu saya belum ada pak yang melakukan terapi Khelasi,
    bila nanti saya tau akan saya informasikan pak. Silahkan hubungi saya di Klinik Sartika apa bila ada pertanyaan yang lain pak di no telp 0218504931. terimakasih, semoga bermanfaat.

    Salam,
    dr Anis Sundari

  21. salam..
    saya mau nanya,bukanya edta itu dilaboratorium digunakan sebagai anti koagulan,jadi apakah tidak ada efeknya saat digunakan sebagai terapi khelasi..
    untuk perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Bapak Joe Irawan Yth,
    Terimakasih atas pertanyaannya,
    betul sekali, EDTA memang sudah lama di pakai di labolatorium, juga di industri farmasi dan perlogaman tentunya. EDTA saat di laboratorium dipakai sebagai anti koagulan , sehingga darah tidak beku, dan memang salah satu efek ini juga yang dimanfaatkan oleh terapi Khelasi untuk meluruhkan plaq- plaq yang sudah mengerak tadi, tapi perlu di ingat Edta yg di gunakan untuk terapi Khelasi tidak sama persis dengan yang di gunakan untuk industri atau Laboratorium tetapi efek anti koagulannya memang dimanfaatkan untuk terapi.
    semoga bermanfaat, bila ada pertanyaan yang ingin diajukan silahkan anda menghubungi saya di Klinik Sartika di no telp 0218504931 terimakasih.

    Salam,
    dr Anis Sundari

  22. […] kali ini disadur dari blog seorang Ibu Dokter, so, jangan ragu akan kebenaran […]

  23. Dr. Anis Sundari yth;
    Nama saya Agung Prastowo. Dalam penjelasan mengenai terapi khelasi dikatakan bahwa terapi menggunakan EDTA ini bakalan melarutkan ion Ca++ dan logam berat lainnya untuk kemudian dibuang bersamaan dg urine.
    Setahu saya, penyempitan pembuluh arteri koroner jantung berupa plak tersusun juga dari kolesterol dan lemak.

    Apakah artinya terapi khelasi masih menyisakan kolesterok dan lemak lainnya dan masih “tertinggal” di dalam pembuluh koroner?

    Bpk Agung Prastowo.Yth
    Terimakasih atas pertanyaan yang bapak ajukan kepada saya,benar pada awalnya terapi Khelasi menarik logam berat terlebih dahulu diantaranya kalsium,lalu bertahap ke kholesterol dan juga khabohidrat cuma akan lama sehingga dalam menterapi pasien saya saya tidak hanya memberikan terapi Khelasi tapi saya kombinasi dengan terapi Anti Plaquex yang bekerja menarik Khlolesterol atau lemak sehingga akan lebih bermanfaat lagi bagi pasien yang mengikuti terapi Khelasi terimakasih, bila ada pertanyaan lainnya silahkan hubungi saya di Klinik Sartika no telp 0218504931 terimakasih

    Salam dr Anis Sundari

  24. Dr Anis apakah anda pernah menangani chelasi untuk anak autis yg keracunan logam berat mercuri & timbal? ada banyak anak autis yg sangat membutuhkan terapi chelasi untuk meringankan gejala autism nya. mohon pencerahannya.

    Bpk Williamtham,Yth
    Terimakasih atas pertanyaan yg telah bapak ajukan kepada saya.
    Memang terapi Khelasi sangat cocok untuk pasien keracunan logam, dan memang ada literatur yang menerangkan bahwa terapi Khelasi dapat digunakan untuk menangani anak autis dikarenakan logam beratnya tadi. akan tetapi saya belum pernah mencobanya, dikarenakan penanganannya agak sedikit berbeda pada cara pemberian obatnya. tidak mungkin untuk anak autis bisa diam selama 3 jam diam dilakukan infus, sehingga biasanya obat kita berikan melalui anus. mudah – mudahan saya dapat mendatangkan sediaan tersebut untuk saya berikan pada anak autis. memang sudah banyak para orang tua yang berharap saya juga melakukan terapi khelasi pada anak autis. bila ada pertanya lainnya bapak dapat hubungi saya di Klinik Sartika, telpon 021-8504931. semoga membantu.

    Salam,
    dr Anis sundari

  25. apakah setelah pasang ring selanjutnya melakukan th/ khelasi,dan akhirny sembuh( plak teratasi).apa yng harus xilakukan dengan stent yng sudah terpasang,apakah bs dildpas?

  26. siang dr. anis..

    saya nila, 31 thn berat badan saat ini berat 77 kg, tinggi 160cm,kemarin saya di infokan dokter bahwa saya ada penyempitan pembuluh darah dijantung, namun yg saya bingung, hasil EKG saya dokter bilang jika ada penyempitan akan ada tandanya di setiap lekukan tetapi saya hanya di titik pertama saja, hasil rontgen bagus, hasil lab,yg tinggi diabet 170 dan asam urat 7, kolesterol normal. keadaan saya sudah mulai diet,begitu dokter lihat hasil diabet saya dia lgsg vonis ada penyempitan, jantung saya berdetak lebih cepat dr biasanya karna ada perasaan cemas dan tidak nyaman, saat ini yg nyeri adalah di punggung kanan, dan dada kanan,serta ada perasaan ga enak seperti ada tertahan di tenggorokan,seperti perasaan bertahak yg tertahan apakah saya benar sakit penyempitan pembuluh darah di jantung dok?

    Sdri Nila Yth,
    terimakasih atas pertanyaannya, dari hasil laboratorium memang kamu harus lebih berhati-hati dan harus mengatur pola makan kamu .hasil laboratorium kolesterol kamu bilang normal? berapa nilai HDL, LDL, Trigliserida juga total kolesterol? riwayat keluarga bagaimana apakah ada yg mempunyai penyakit DM, Jantung ? mungkin untuk lebih jelasnya lagi silahkan hub saya di Klinik Sartika terimakasih semoga membantu.

    Salam.
    dr Anis Sundari

  27. Saya tertarik,.bolehkah sy tahu biaya ukt terapinya ?

    Pak Andi yth.
    Biaya terapi khelasi EDTA per sesi nya saat ini sebesar Rp.400 ribu.
    Silahkan kontak klinik Sartika, 021-8504931.

    Salam.
    dr Anis Sundari

  28. yth dr Anis Sundari

    saya febi, mau tanya dok. kakak saya punya riwayat diabetes dan darah tinggi, sekarang sudah melakukan HD seminggu 2x. berdasarkan dokter di
    sini, kaki kirinya ada penyempitan peembuluh darah yang menyebabkan kakak saya sakit untuk berjalan. apakah masih bisa untuk disembuhkan dengan

    terapi khelasi

    ini ?terima kasih

    Yth sdri Febi,
    Terimakasih untuk pertanyaan yg diajukan pada saya, untuk terapi Khelasi salah satu persyaratannya adalah ginjal yg harus baik , jadi pada pasien yang telah dilakukan HD tidak dapat dilakukan terapi Khelasi , semoga ini dapat menjawab pertanyaan sdr Febi.
    Terimakasih,

    salam
    dr Anis sundari

  29. selamar pagi dr Anis
    saya febi, mau menanyakan kalau terapi khelasi ini boleh dilakukan untuk pasien yg sudah melakukan cuci darah ? karena kakak saya dikatakan terjadi penyempitan pembuluh darah di kakinya. kakak saya sudah melakukan cuci darah seminggu 2 kali. terima kasih.

    Kepada Yth. Febiana Rosita
    Terimakasih atas pertanyaan yg diajukan kepada saya ,persyaratan salah satu terapi Khelasi adalah fungsi ginjal harus baik ,jadi pada pasien yg telah cuci darah tidak dapat dilakukan terapi Khelasi.
    semoga ini dapat menjawab pertanyaan anda, Terimakasi dan salam.
    dr Anis sundari

    • Kepada Yth,
      Febiana Rosita
      Terimakasih atas pertanyaan yg diajukan kepada saya ,persyaratan salah satu terapi Khelasi adalah fungsi ginjal harus baik ,jadi pada pasien yg telah cuci darah tidak dapat dilakukan terapi Khelasi, semoga ini dapat menjawab pertanyaan anda,
      Terimakasi dan salam
      dr Anis Sundari

  30. dr. Anis Sundari yang baik,
    Nama saya totok, tinggal di yogya. Usia : 52 tahun, berat tubuh: 57 kg, tinggi: 165. Nopember 2010 lalu, saya menjalani angio di salah satu RS di Jakarta.

    Hasilnya,

    RCA = right dominant vessel with 90% stenosis at proximal segment
    LCA = Normal left main stem. LAD proximal to mid had a long moderate (40-50%) lesions. LCx distal (OM branch) had subtotal lesion.
    Conclusion : 3VD

    Disarankan : untuk pasang tiga stent. Karena keadaan, saya menundanya dan melakukan maintenance lewat diet makanan sehat (sehari-hari hanya sayur rebusan dan nasi saja).
    Meski demikian, saya mulai merasa nafas pendek jika naik 2 lantai dan kadang berjalan .
    Dari data lab (profil lemak) total kolesterol 241 (TG:311,HDL 38, LDL163,Ratio LDL/HDL:4.3).

    Dalam waktu dekat, sy berencana berobat ke klinik dr.Anis di Jakarta.

    Sebagai persiapan terapi khelasi EDTA:
    1. Apakah saya harus : menjalani angio lagi di Jkt?
    2. Apakah saya harus melakukan pemeriksaan ulang labolatorium :
    darah rutin,fungsi hati, fungsi ginjal gula darah, kolesterol,INR?

    Maaf, berapa lama kah maksimal tenggang waktu antara pemeriksaan lab yang saya harus saya lakukan dengan pelaksanaan terapi khelasi EDTA yang akan saya jalani?

    Terima kasih banyak atas pencerahan dar iDokter dan mohon maaf jika pertanyaan saya terlalu panjang dan kurang berkenan.

    salam
    totok

    Kepada yth bpk Totok
    di
    Yogyakarta,
    Terimakasih atas pertanyaannya yg bapak ajukan kepada saya. Untuk mengikuti terapi Khelasi
    1. Pemeriksaan Kateterisasi tidak perlu diulang
    2.pemeriksaan laboratorium haruslah yg terbaru, paling lambat satu bulan terakhir, jadi bapak harus periksa ulang untuk laboratorium darahnya.

    Mudah–mudahan ini dapat menjawab pertanyaan yg telah bapak lakukan.

    Terimakasih & salam ,
    dr Anis sundari

    • Kepada yth bpk Totok
      di
      Yogyakarta,
      Terimakasih atas pertanyaannya yg bapak ajukan kepada saya. Untuk mengikuti terapi Khelasi
      1. Pemeriksaan Kateterisasi tidak perlu diulang
      2.pemeriksaan laboratorium haruslah yg terbaru , paling lambat satu bulan terakhir, jadi bapak harus periksa ulang untuk laboratorium darahnya.

      MUdah – mudahan ini dapat menjawab pertanyaan yg telah bapak lakukan.

      Terimakasih & salam ,
      dr Anis Sundari

  31. Yth Dr anis, saya sudah lama mengikuti milis pada blog ini, namun sampai sekarang masih belum ada yg bertanya hubungan terapi khelasi dengan autis.

    Kebetulan anak saya autis, dan saya sering mendapatkan di situs buku bahwa metabolis anak autis condong tidak dapat membuang dengan baik kandungan logam berat yg berbahaya, sehingga menumpuk dan lama lama menjadi berdampak pada prilaku /pertumbuhan psikis mereka.

    Saya pernah melakukan cek darah, urin, rambut yg dikirimkan ke amerika utk uji logam berat, dan memang hasilnya anak saya di nyatakan demikian.

    Melalui situs ini saya mohon dberikan petunjuk, apakah dr anis mempunyai pengalaman menangani terapi khelasi utk anak autis?
    Bagai mana tanggapan dr anis mengenai hal ini?

    Terimakasih banyak

    Kepada yth bpk William
    Terimakasih atas pertanyaan yg diajukan kepada saya.
    Terapi Khelasi memang bisa ditujukan pada penyakit Autis, karena terapi Khelasi dapat menarik logam berat. Tetapi saya belum pernah melakukan terapi Khelasi pada pasien Autis, karena pada anak autis biasanya terapi khelasi tidak diberikan secara infus tetapi diberikan secara oral ( diminum ) atau berupa suposutoria ( melalui anus ).
    Demikian dari saya, jika ada hal yang hendak didiskusikan, silahkan kontak saya di klinik Sartika 021-8504931.

    Salam,
    dr Anis sundari

  32. Dear dr. Sundari,

    Mohon informasi alamat klinik yang dibintaro?
    Dikarenakan mama saya menderita penyakit jantung. Akhir 2011 sudah di katerisasi dan saat ini terjadi penyempitan lagi. dr menyarankan untuk di kat , tapi kayanya saya kurang yakin dengan proses ini, mohon informasinya dok berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sekali terapi?

    Terimakasih

    Eka

  33. wah sungguh bermanfaat blog ini….. saya simpan barangkali ada yang membutuhkan…

  34. dear Dr. Sundari
    diklinik a*** m***** jakpus juga ada dok pengobatan khelasi seperti ini klinik ini sudah berdiri sejak tahun 1991 nama dokternya Prof. Dr. Y. K isya nt o (Ketua Umum PKKAI). ini artikelnya Clinical Metal Toxicology adalah konsep terapi Khelasi yang pengobatannya secara intravena dengan menggunakan cairan yang terdiri dari mineral, vitamin, asam animo khusus. Melalui reaksi biokimia, cairnan ini dapat pula melarutkan ion kalsium yang tidak pada tempatnya. Ion tsb dikeluarkan melalui urine.
    Terapi ini untuk menghilankan pengerasan dinding pembuluh darah nadi, arteriosclerosis dan artherosklerosis.
    Terapi Khelasi digunakan untuk penyakit : Jantung koroner, stroke, gangguan pembuluh darah otak, gangren pada anggota tubuh, Diabetis Melitus, Arteritisa, Hipertensi, Anti
    Aging (Penuaan Dini), Impotensi, Autism dll.

    terima kasih
    Rianto

  35. Dear Dr.Sri yth :

    Perkenankan Saya Ferry Utama Laki2 umur 56 thn tinggi 168 berat 61Kg, Selama ini saya rutin setahun 2 X periksa laborarium dan tidak pernah ada masalah, walaupun kolesterol total diatas 200 tetapi rasio HDL/LDL kurang dari 2,5. Saya rutin berolahraga seperti fitness al. treadmill 500 Cal dalam 60 menit, badminton, dan kadang golf.

    Saat ini saya merasa sehat namun ingin lebih sehat lagi sekalian untuk persiapan masa pensiun, saya berminat untuk melakukan terapi namun ada beberapa hal yag ingin saya tanyakan yaitu :

    1. Apakah terapi ini bermanfaat buat kondisi seperti saya ? dalam arti lebih sehat….

    2. jika no 1 ya, berapa kali minimal terapi dilakukan dan berapa biaya secara total ?

    3. Adakah program paket hemat untuk beberapa kali terapi ?

    4. Mohon alamat lengkap tempat terapi

    Saat ini saya sedang menunggu hasil lab dari Parahita. adapun yang periksa : Hematologi lengkap, PT INR, SGOT, SGPT, Gamma GT, Kolesterol lengkap, trigliserida, HDL, LDL, Glukosa Puasa, glukosa 2 jam PP, HbA1c,, Bun ureum, kreatinin, asam urat.

    Terimakasih. mohon jawabannya

    wassalam.

  36. Yth.Dr.Anis,

    Saya baru dirawat karena penyakit Jantung,hasil scan MCCT adalah sbb:
    1.Calsium Score ; LM:8,62 LAD :174,78 RCA:915,46 RCA: 915,46 Total :1200,87
    2.CT CA: LM : normal tanpa stenosis yang signifikan, LAD: Kalsifikasi berat di proksimal dengan stenosis -+80% LCX: Bercak kalsifikasi diproksimal dengan stenosis-+30% RCA:kalsifikasi sepanjang pembuluh dengan stenosis 80-90% LVEF :19% RVEF : 20%

    Umur saya 58thn,apakah pada kondisi ini dimungkinkan untuk terapi kelasi? tanpa ada efek pada fungsi Liver dan Ginjal?
    mohon penjelasan dokter.terimakasih.

    salam,

    Agus-Jakarta Timur.

  37. dr anis s mau tanya saat ini brp biaya total yg hrs dikeluarkan utk tindakan khelasi sampai tuntas

    • Selamat malam dr. Anis Sundari
      Saya ingin bertanya..
      saya adalah pasien 67 tahun dengan masalah penebalan pembuluh darah dan pengapuran di jantung. Saat ini saya sudah pasang 2 ring dan telah melakukan proses kateterisasi. Bisakah saya melakukan terapi khelasi EDTA tsb dan bagaimana perbandingan nya dengan pengobatan yg sudah dijalani..
      terimakasih

      Sebagai balasan untuk syarifudin.
      Yth Pak syarifudin,
      Jawaban saya “Bisa pak. tidak masalah walau sudah pasang ring dan telah kateterisasi. Silahkan datang ke klinik Sartika di Jl. Kayumanis no.78, Jakarta Timur, telpon 021-8504931 untuk konsultasi dan diskusi lebih lanjut.”

      Salam,
      dr Anis Sundari

      • Yth Pak syarifudin,
        Jawaban saya “Bisa pak. tidak masalah walau sudah pasang ring dan telah kateterisasi. Silahkan datang ke klinik Sartika di Jl. Kayumanis no.78, Jakarta Timur, telpon 021-8504931 untuk konsultasi dan diskusi lebih lanjut.”

        Salam,
        dr Anis Sundari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Komentar Terbaru

    dr Anis di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
    Yayan sudiarna di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
    Yayan sudiarna di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
    Andre Widjaja di Halo !
    nike m di Bukti kemajuan kesehatan pasie…
  • Statistik Blog

    • 117,462 hits
  • Add to Technorati Favorites

  • My blog is worth $3,951.78.
    How much is your blog worth?

  • Buku-buku :

  • %d blogger menyukai ini: